Wednesday, October 31, 2007

Abstrak Infografis

ABSTRAK

Peranan Infografis Koran Tempo.

Deden Maulana Anggakarti | 


Infografis adalah bagian dari informasi visual dalam surat kabar, peranannya merepresentasikan data-data angka, naskah, grafik, diagram dan peta. Istilah infografis dalam jurnalistik lebih dikenal dengan sebutan visual journalism, infografis dalam surat kabar menjadi bagian penting untuk menyampaikan suatu permasalahan berita kedalam bentuk visual.

Kajian permasalahannya adalah bagaimana peranan utama infografis dalam suatu halaman surat kabar; yakni bagaimana konsep desain infografis yang terdapat pada setiap halaman Koran Tempo, peranan dan fungsi utama infografis, selanjutnya representatif gaya visual yang meliputi pemakaian struktur dan bentuk infografis dalam Koran Tempo.

Pendekatan penelitian bersifat deskriptif analisis terhadap infografis, melalui pemaparan yang berkaitan dengan interpretasi visual, langkah-langkah penelitian dilakukan terhadap sumber data visual terbitan Koran Tempo sebagai media berita dari PT. Tempo Inti Media Harian.
Dari sejumlah editorial yang berbentuk menggunakan pendekatan infografis, selanjutnya dibuat pengelompokkan data berdasarkan tema, tema tersebut adalah; Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (iptek), Sosial dan politik (sospol), Ekonomi dan bisnis (ekbis).
Ketiga tema tersebut dianggap cukup mewakili isi rubrik Koran Tempo dalam analisis visual terhadap bentuk infografis.
Selanjutnya pada setiap tema tersebut dapat diperoleh suatu gambaran konsep desain dan fungsi penggunaan setiap ragam diagram, struktur, dan bentuk visual yang berhubungan dengan opini berita yang disampaikan kepada publik. Melalui cara-cara yang lebih efisien dan sistematik dalam memecahkan setiap persoalan kedalam bentuk diagram sehingga pembaca dapat mencerna setiap persoalan isi berita dengan mudah melalui visual yang beruntut, mengutamakan fokus perhatian mata terhadap objek visual, melakukan penyederhanaan dan keterwakilan dari setiap pengorganisasian struktur, bentuk, dan gaya visual yang dipandang relevan dengan suatu permasalahan dalam isi pemberitaan.

Faktor-faktor lainnya yang dianggap cukup penting dalam infografis adalah kebiasaan cara membaca dengan bentuk diagram, cara menciptakan kerangka berpikir dalam bentuk pemetaan dari permasalahan secara menyeluruh terhadap inti permasalahan, sehingga pada suatu berita dengan cara menggunakan pendekatan infografis dapat melatih daya rangsang pikiran para pembaca. Peranan infografis dapat dikatakan adalah cara-cara merepresentasikan informasi visual kedalam bentuk diagram.

Peranan infografis dalam Koran Tempo menjadi konsepsi pendekatan visual dalam menyampaikan informasi berita yang dianggap penting dan berpengaruh terhadap surat kabar, selain itu bentuk informasi dalam berita visual dapat diserap cepat dan mudah dimengerti oleh pembaca.

Kesimpulan menggunakan pendekatan infografis adalah cara menyampaikan informasi  untuk kemudahan membaca berita yang dapat divisualkan objeknya, sebagai cara menyampaikan pesan dengan menyajikan angka-angka dalam bentuk diagram, serta dapat menyampaikan informasi secara menyeluruh dalam waktu yang cukup singkat. 
Maka dari itu Koran Tempo dengan gaya visual dan karakteristiknya mempunyai suatu identitas tersendiri dalam penataan perwajahan sehingga sangat ampuh dan mampu untuk bersaing dalam menarik minat pembaca surat kabar selama ini.

No comments: