Thursday, May 14, 2009

Standar Kompetensi

Standar Kompetensi Bidang Keahlian Komunikasi Grafis

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kekhadirat Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya penyusunan Standar Kompetensi Bidang Keahlian Komunikasi Grafis dapat diselesaikan. Standar ini merupakan langkah awal dari implementasi paradigma baru dalam sistem pendidikan di Indonesia dengan berbasis pada standar kompetensi yang berkembang dalam industrinya.

Pendekatan berbasis kompetensi pada perkembangan industri diharapkan dapat mengantisipasi tantangan yang berkembang saat ini dimana konsep globalisasi memunculkan persaingan yang semakin ketat dengan tuntutan kualitas SDM yang memenuhi kualifikasi internasional.

Dalam penyusunan standar kompetensi ini banyak pihak yang telah dilibatkan dan disertakan, baik sebagai Project Reference Group (PRG), Stakeholders, narasumber, pakar, undangan, maupun sebagai partisipan. Ucapan terimakasih dan penghargaan kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan standar kompetensi bidang keahlian Komunikasi Grafis ini.

Akhirnya dengan kerendahan hati semoga hasil kerja seluruh tim di atas dapat memberikan manfaat bagi pengembangan SDM dalam bidang Komunikasi Grafis di masa mendatang.

Bandung, Desember 2003
Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat
Institut Teknologi Bandung

ii
Berita Acara Workshop Nasional Komunikasi Grafis
Pada bulan Desember 2003 telah dilaksanakan Workshop Nasional untuk Penyusunan/Penyempurnaan Standar Kompetensi Bidang Komunikasi Grafis yang diselenggarakan oleh LPPM-ITB atas kerjasama dengan DIKMENJUR.
Hasil Workshop Nasional ini merupakan pemikiran bersama seluruh peserta sebagai kesepakatan Standar Kompetensi Bidang Komunikasi Grafis dan akan diajukan menjadi Standar Kompetensi Bidang Komunikasi Grafis secara Nasional. Dalam
proses pelaksanaan lebih lanjut seluruh peserta mempercayakan sepenuhnya pengembangan dan penyempurnaan kepada LPPM-ITB.

Bandung, 6 Desember 2003

Tertanda
Reperesentasi Peserta Workshop Nasional
Nama TTD
1. Drs. Priyanto S.
Team Leader Kompetensi Bidang Komunikasi Grafis
2. Drs. S. Prinka
Perwakilan Asosiasi Desain Grafis Indonesia
3. Danton Sihombing, MA
Perwakilan Pusat Desain Nasional
4. Gunadi Hadikusuma
Perwakilan Industri
5. Sari Wulandari, S.Sn.
Perwakilan Industri
6. M. Arief Budiman, S.Sn.
Perwakilan Industri
7. Drs. Indra Gunadharma
Perwakilan Industri
8. Drs. Andi Yudha
Perwakilan Industri
9. Drs. Alfonzo RK, M.Sn.
Perwakilan Pendidikan
10.Drs. Deden Maulana A
Perwakilan Pendidikan

iii
DAFTAR ISI
Kata Pengantar…………………………………………………………… /i
Lembar Pengesahan……………………………………………………… /ii
Daftar Isi ………………………………………………………………… /iii
Daftar Anggota Tim Pengembang
Standar Kompetensi Bidang Komunikasi Grafis ……………………….. /vii
Daftar Project Reference Group (PRG)
Bidang Komunikasi Grafis ……………………………………………… /ix
Daftar Responden …………………………………….…………………. /xii
Daftar Istilah ……………………………………………………………. /xiv

BAB.1
PENDAHULUAN /hal.1
1.1. Tujuan /hal. 2
1.2. Sasaran /hal. 2
1.3. Ruang Lingkup /hal. 2
1.4. Hasil Pekerjaan (Deliverables) /hal. 3

BAB.2
STANDAR KOMPETENSI /hal. 4
2.1. Pengertian /hal. 4
2.2 Bentuk Standar /hal. 4
2.3. Kompetensi Kunci /hal. 5
2.4. Jenjang/Level Kompetensi /hal. 5
2.5. Kedudukan Standar Kompetensi dalam
Kerangka Sistem Pengembangan SDM /hal. 6
2.6. Pengembangan Standar /hal. 7
2.7. Model Pendekatan Pengembangan Standar /hal. 7
2.8. Teori Dasar-dasar Psikologi yang Dipergunakan
dalam Pengembangan Standar /hal. 8
iv

BAB.3
BIDANG KOMUNIKASI GRAFIS /hal. 10
3.1. Komunikasi Grafis dan Komunikasi Visual /hal. 10
3.2. Pengertiam dan Lingkup Komunikasi Grafis /hal. 11
3.2.1. Desain Grafis /hal. 13
3.2.2. Ilustrasi /hal. 13
3.2.3. Fotografi /hal. 13
3.3. Prakondisi Keja /hal. 14
3.3.1. Sikap Kerja (Attitude) /hal. 14
3.3.2. Pengetahuan, Ketrampilan, Kepekaan
(Skill & Knowledge& Sensibility) /hal. 14
3.3.3. Kreativitas (Creativity) /hal. 15
3.4. Batasan Lingkup Penyusunan /hal. 15
3.5. Profil Kebutuhan SDM Komunikasi Grafis Indonesia /hal. 17

BAB. 4
KOMPETENSI BIDANG KOMUNIKASI GRAFIS /hal. 19
4.1. Format Standar Kompetensi /hal. 19
4.2. Kompetensi Kunci dan Leveling /hal. 21
4.3. Sub Bidang dan Konsentrasi Komunikasi Grafis /hal. 22
4.3.1. Proses Persiapan/ Pra Produksi /hal. 22
4.3.2. Proses Pelaksanaan/Produksi /hal. 23
4.3.3. Proses Akhir/Finishing/Pasca Produksi /hal. 23
4.4. Sistem Penomoran Standar Kompetensi
Bidang Komunikasi Grafis /hal. 23
4.5. Daftar Unit Kompetensi Bidang Komunikasi Grafis /hal 26
4.6. Unit-Unit Kompetensi Bidang Komunikasi Grafis /hal. 28
4.6.1. Unit Kompetensi Sub Bidang Desain Grafis /hal. 28
4.6.2. Unit Kompetensi Sub Bidang Ilustrasi /hal. 29
4.6.3. Unit Kompetensi Sub Bidang Fotografi /hal. 29
v
4.7. Level Kualifikasi Kompetensi, Level Jabatan dan
Rekomendasi Level Kualifikasi untuk Tingkat
SMK Bidang Komunikasi Grafis /hal. 30
A. Lampiran Dokumen Standar Unit Kompetensi
Sub Bidang Desain Grafis /A-1
B. Lampiran Dokumen Standar Unit Kompetensi
Sub Bidang Ilustrasi /B-1
C. Lampiran Dokumen Standar Unit Kompetensi
Sub Bidang Fotografi /C-1
D. Lampiran Level Kualifikasi Pekerjaan
Sub Bidang Desain Grafis, Ilustrasi, dan Fotografi /D-1
E. Lampiran Level Kualifikasi Jabatan
Sub Bidang Desain Grafis, Ilustrasi, dan Fotografi /E-1
F. Lampiran Rekomendasi Level Kualifikasi untuk
Tingkat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Sub Bidang Desain Grafis, Ilustrasi, dan Fotografi /F-1

BAB. 5
PEDOMAN UMUM PENGUJIAN DAN SERTIFIKASI /hal. 34
5.1. Umum /hal. 34
5.2. Gambaran Umum Sistem Pengujian /hal. 36
5.2.1. Prinsip Dasar Pengujian Kompetensi /hal. 36
5.2.1.1. Prinsip-prinsip Pengujian /hal. 36
5.2.1.2. Metode Pengujian /hal. 37
5.2.1.3. Bahan Acuan untuk Pengujian /hal. 38
5.2.1.4. Kualifikasi Penguji /hal. 38
5.2.1.5. Panduan Penyelenggaraan Pengujian /hal. 39
5.2.2. Tata Cara Penilaian /hal. 42
5.2.2.1. Metoda Penilaian /hal. 42
5.2.2.2. Keterampilan Perusahaan /hal. 42
5.2.2.3. Jenis-jenis Keterampilan /hal. 43
5.2.2.4. Kriteria Prestasi /hal. 43
vi

BAB. 6
PENUTUP /hal. 44
DAFTAR PUSTAKA /hal. 45
vii
Daftar Anggota Tim Penyusun/Pengembang Standar Kompetensi

Bidang Keahlian Komunikasi Grafis
Team Leader:
Drs. Priyanto Sunarto.
Pakar desain komunikasi visual, desain grafis, ilustrasi, dan kartun. Ketua KBK
ilustrasi & seni sekuensial, staf pengajar senior Program Studi Desain Komunikasi
Visual FSRD-ITB. Anggota MPKN, ketua bidang Grafis. Sedang studi lanjut
Program Doktoral (S3) dalam bidang Desain.
Ahli Standarisasi Kompetensi:
Drs. Irfansyah.
Pakar desain komunikasi visual, rupa dasar, animasi, multimedia, dan komputer
grafis. Staf pengajar Program Studi Desain Komunikasi Visual FSRD-ITB.

Ahli Bidang Desain Komunikasi Visual:
1. Drs. Indarsjah Tirtawidjaja,
Pakar desain komunikasi visual, desain grafis, ilustrasi, periklanan. Staf pengajar senior Program Studi Desain Komunikasi Visual FSRD-ITB. Sedang studi lanjut
Program Magister (S2) dalam bidang Pendidikan.
2. Drs. Budiman,
Pakar rupa dasar, desain grafis, dan ilustrasi. Staf pengajar Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Widyatama. Sedang studi lanjut Program Magister
(S2) dalam bidang Pendidikan.
3. Triyadi Guntur, S.Sn.
Pakar desain grafis, dan ilustrasi. Staf pengajar Program Studi Desain Komunikasi
Visual FSRD-ITB. Fakultas DKV. Sedang studi lanjut Program Magister (S2) dalam bidang seni.
viii
Ahli Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Seni Rupa:
Drs. Nana Sutedjo.
Pakar desain grafis, dan ilustrasi. Staf pengajar Sekolah Menengah Kejuruan Seni Rupa, Bandung.
Ahli Bidang Psikologi:
Lies N. Budiarti, S.Psi.
Pakar psikologi. Staf pengajar Program Studi Desain Komunikasi Visual FSRD –
ITB untuk mata kuliah Psikologi Persepsi, Psikologi Sosial dan Metode Penelitian.
ix
Project Reference Group (PRG) dan Stakeholders Bidang Komunikasi Grafis
Asosiasi Terkait Bidang Komunikasi Grafis:
1. Asosiasi Desain Grafis Indonesia
S. Prinka – Anggota Majelis Desain
Jln. Pegambiran 591, Jakarta 13220
Tlp / Facs (rmh); (021) 861 6589
2. Pusat Desain Nasional
Danton Sihombing, MA
Jl. Gatot Subroto 52-52 Jakarta
Tlp: 62-21-525 1729, 525 5509 ext. 2178 Fax. 62-21-5251729
Lembaga Pendidikan:
1. FSR – IKJ
Siti Turmini S.Sn. – Pembantu Dekan I, Pengajar Desain Komunikasi Visual
Jl. Cikini Raya 78, Jakarta 10330,
2. PS DKV FSRD-ITB
Drs. Alfonzo RK., M.Sn. – Ketua Kelompok Bidang Keilmuan Fotografi

Jl. Ganesha 10, Bandung 40132,
Telp./Fax. (022) 2516567
3. SMKN/SMSR Bandung
Drs. Wahyu Nugraha – Staf Pengajar Seni Rupa
Jl. Cijawura Hilir No. 2 , Bandung 40287
Telp. (022) 756 0358, Fax. (022) 750 5763
4. STIKOM Interstudi
Drs. Iwan Gunawan – Pengajar Desain Grafis dan Ilustrasi
Jl. Panglima Polim 100 Kebayoran Baru 12140, Jakarta
Telp. (021) 720 0760, Fax. (021) 725 5721
x
5. Akademi Desain Visi Yogyakarta
Sudjadi Tjipto R. S.Sn. – Ketua Jurusan Desain Komunikasi Visual
Jl. Kapt. P. Tendean, Gg. Puntodewo No. 7 Yogyakarta
Telp./Fax. (0274) 388680, 377787, 388681
6. FDKV – Universitas Widyatama
Drs. Ondi Kuswandi – Pembantu Dekan I , Pengajar Fotografi
Jl. Cikutra 204, Bandung, Telp. (022) 721 9517
Media Massa:
1. PT. TEMPO INTI MEDIA, Tbk (majalah)
Drs. Gilang Rahadian – Redaktur Tata Muka
Jl. Proklamasi No. 72 Jakarta 10320
Telp. (021) 3916160, 39899361 (hunting)
Fax. Redaksi: (021) 3921947, 3156331
Penerbitan:
1. Penerbit MIZAN
Drs. Andi Yudha – General Manager DAR
Jl Yodkali 16 Bandung
Telp. (022)720 703 Fax. (022) 720 7038
Fotografi:
1. JONAS PHOTO
Gunadi Hadikusuma – Pimpinan
Jl. Banda 38 Bandung, Telp./Fax/ (022) 2516567
2. Fotografer Profesional
Andhika Prastya ST, M.Sn.
xi
Advertising & Production House:
1. Dentsu Indonesia
Drs. Indra Gunadharma – Creative Director
Gedung Graha Niaga Lt. 22
Jl. Jend. Sudirman
Telp. (021) 2505020, 2505025,
Fax. (021) 2505010
Jakarta 12190
2. PT. Petakumpet
M. Arif Budiman, S.Sn. – Vice President
Jl. Gedongkiwo MJ I No. 1001
Telp. (0274) 373847
Yogyakarta 55142
3. PT. Gagas Kreasi Visual Mandiri
Drs. Oki Hamka – Direktur Utama
Jl. Dalem Kaum 130 C Lt.4, Bandung
Telp./Fax. (022) 4210752
4. C PLUS BRANDING + CONSULTANTS
Sari Wulandari, S.Sn – Creative Consultant
Jl. Bendi Raya 14 Jakarta
xii
Daftar Responden
Daftar Responden
No. Nama Instansi/Lembaga/Industri
01. Drs. S. Prinka Asosiasi Desain Grafis Indonesia
02. Danton Sihombing, MA Pusat Desain Nasional
03. Siti Turmini, S.Sn FSR – IKJ
04. Drs. Alfonzo RK., M.Sn. PS DKV FSRD – ITB
05. Drs. Wahyu Nugraha SMKN/SMSR Bandung
06. Drs. Iwan Gunawan STIKOM Interstudi Jakarta
07. Sudjadi Tjipto R., S.Sn. Akademi Desain Visi Yogyakarta
08. Drs. Ondi Kuswandi FDKV – Universitas Widyatama
09. Drs. Gilang Rahadian PT. TEMPO INTI MEDIA, Tbk
10. Drs. Andi Yudha Penerbit MIZAN DAR!
11. Drs. Indra Gunadharma Dentsu Indonesia
12. M. Arief Budiman, S.Sn. PT. Petakumpet
13 Drs. Oki Hamka PT. Gagas Kreasi Visual Mandiri
14. Sari Wulandari, S.Sn. C PLUS Branding + Consultant
15. Nurkinanti Laraskusuma, S.Sn. Narasumber- Desain Grafis (C Plus)
16. Gunadi Hadikusuma Narasumber- Fotografi (JONAS)
17. Andhika Prasetya, ST, M.Sn. Narasumber – Fotografi
18. Drs. Iman Sujudi Narasumber – Desain Grafis/Ilustrasi
19. Drs. Rudi Farid Narasumber – Desain Grafis
20. Drs. T. Sutanto, M.Sc. Narasumber – Desain Grafis
21. Hafiz Akhmad, S.Sn. Narasumber – Ilustrasi
22. Dra. Sandra Tjahyani, M.DS. Narasumber – Periklanan
23. Dra. Ifa Safira Narasumber – Desain Grafis
24. Salman Faridi Narasumber – Penerbit MIZAN DAR!
xiii
Daftar Responden
No. Nama Instansi/Lembaga/Industri
25. Djodi S. Narasumber – Penerbit ITB
26. Yon Aidil Narasumber – Penerbit MIZAN DAR!
25. Egi Anwari Narasumber – Pusat Desain Nasional
26. Drs. Umarhadi, M.Sn. Narasumber – ISI Yogya
27. Dra. Nina Nurviana Narasumber – Animik World Bandung
28. Drs. Dadang Mulyana Narasumber – Stikom Interstudi Jakarta
29. Drs. Baskoro SB Narasumber – Modern School of Design
(MSD) Yogya

Mo Lebih Profesional ?

Pendidikan Profesional

De Maulana Anggkarti

Pijakan dasar tentang pendidikan diploma dengan konsentrasi program studi desain grafis dan multimedia telah mencapai kebutuhan pelaksanaan dalam proses pembelajaran yang sangat sistematis pragmatis tanpa kehilangan nilai keilmuan yang berbasis perencanaan dan pengembangan kreatifitas dalam setiap eksekusi pada studi kasus media, hal tersebut dilakukan guna mendukung percepatan kebutuhan dalam industri kreatif yang sampai saat ini terus mendapat perhatian bersifat kebutuhan sumber daya manusia dalam bidang tersebut. Pada khususnya dalam bidang promosi dan marketing telah menjadi bagian penting dalam situasi paling ketat, kecenderungan ditandai dengan berbagai kebutuhan eksekusi media promosi baik bersifat komersial maupun sosial, kemampuan mengaplikasikan setiap ide dan gagasan pada sebuah media telah dan menjadi bagian eskplor bagi para perangcang pada tingkatan pelaksana grafis seperti desainer, ilustrator, animator dan seterusnya.

Istilah mahasiswa magang pada sebuah perusahaan (freelance) barangkali tidak menjadi kendala justru sebaliknya dapat menjadi umpan balik yang sangat positif upaya mempercepat pengetahuan terapan yang bersifat bisnis lebih nyata, kecenderungan melihat kemampuan seseorang akan menjadi perhatian tersendiri bagi para pelaku industri dalam bidang produksi media. Disadari penuh sejak teknologi komputer masih belajar napak, para perancang (desainer grafis) telah teruji dengan kemampuan manual dan itu telah banyak dibuktikan dari berbagai even yang diselenggarakan baik di dalam maupun luar negeri, baik yang diselenggarakan oleh swasta maupun pemerintah, dasar kreatifitas telah tumbuh alami pada diri manusia apalagi jika ditunjang oleh pengetahuan dan materi yang sepadan.

Dengan kemampuan manual dan mekanikal telah banyak melahirkan beragam karya yang telah banyak diaplikasikan ke dan berbagai media sampai saat ini, kini dengan semaraknya berbagai kemunculan bidang teknologi komputer maka cara dan metode yang telah lama menyelami otak para perancang bukanlah sesuatu yang menjadi sulit dalam menguasai mesin tersebut. Tidak ubahnya play station yang kerap dengan tangan seusianya.

Bagaimana mengembangkan pendidikan diploma yang optimal dengan konsentrasi ilmu dan kreatifitas pada studi desain grafis dan multimedia yang tepat serta handal pakai untuk saat ini dan dikemudian hari. Salah satu yang perlu diruntut sekaligus mengekor dan mempelajari pada sistem pendidikan ini adalah kepada mereka yang telah lama menyelenggarakan program studi bidang kepariwisataan dan keteknikan, program studi tersebut boleh jadi sebagai pelopor jenjang diploma terbukti sampai saat ini serapan keahlian dalam keprofesian terus berkembang baik. Disisi lain adalah perlu dirumuskan sistem dan metode pembelajaran yang dianggap paling tepat dan update dengan berbagai eksperimentasi dan eksplor kedalam berbagai latihan.

Penyempurnaan kurikulum yang tepat dan relevansi dengan prioritas dan kebutuhan antara ilmu pengetahuan dan terapan praktika serta fasilitas pendukung untuk menyempurnakan sesuai kebutuhan dan standarisasi keprofesian dan industri.

Investasi pada pendidikan jenjang ini bukan hanya kepada fasilitas semata tetapi bagaimana perencanaan investasi kepada para pengajar yang senantiasa mampu secara bertahap dan optimal dapat menjadi nara sumber sekaligus berperan sebagai konsultan yang dianggap profesional, bukankah jenjang tersebut berlebel jenjang profesional ? ( to be countinue )

Wednesday, May 13, 2009

Penelitian Individu

Judul :

KAJIAN INFOGRAFIS DENGAN PENDEKATAN TEORI WIMBA DAN TATA UNGKAP
DALAM MEMBACA TANDA VISUAL YANG TERSTRUKTUR DAN SISTEMATIS

Peneliti : De Maulana Anggakarti

Abstrak

Kemudahan cara membaca dengan menggunakan tanda-tanda visual dalam menyampaikan informasi pada sebuah media baca telah banyak dipakai sebagai suatu cara yang lebih efektif, pendekatan tersebut kebanyakan cara dengan menggunakan infografis yakni mengkombinasikan antara text, shape dan image. Ketiga unsur ini bagian penting sebagai akar dalam meramu bahasa visual (visual language).

Dalam bentuk media baca yang representatif dimana sajian statis seolah menjadi sebuah cerita dinamis yang dapat menyempurnakan daya imajinasi bagi pembaca. Di dalamnya terdapat isyarat waktu berjalan, struktur dan proses, sistematika dan konfigurasi kedalaman ruang. Terdapat suatu sistem keterkaitan yang beruntut sebagai pola baku yang dapat mengungkap aransemen visual secara menyeluruh serta terdapat penandaan yang bersifat interpretatif.

Maka pada beberapa media baca yang menggunakan cara sajian infografis yang representatif kecenderungan pembaca diarahkan pada sesuatu yang dapat membaca pemetaan dengan situasi secara menyeluruh dalam bingkai visual yang singkat.

Kata kunci : infografis, Bahasa Visual, Interpretatif


Sunday, May 10, 2009

Persepsi



Persepsi tentang kekosongan sumber daya alam kedepan, kosong mahal dan malapetaka

Forum Terbuka

Forum berbagi dan tukar pendapat tentang :

“ APA BEDANYA ANTARA JENJANG (S1) DAN (D4) DALAM PENDIDIKAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, DAN BAGAIMANA YANG PROPORSIONAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI SERTA HUBUNGANNYA DALAM IMPLEMENTASI DI MASYARAKAT“

Silahkan berkomentar pada kotak komentar tersedia, semoga bermanfaat. Terimakasih