Wednesday, May 13, 2009

Penelitian Individu

Judul :

KAJIAN INFOGRAFIS DENGAN PENDEKATAN TEORI WIMBA DAN TATA UNGKAP
DALAM MEMBACA TANDA VISUAL YANG TERSTRUKTUR DAN SISTEMATIS

Peneliti : De Maulana Anggakarti

Abstrak

Kemudahan cara membaca dengan menggunakan tanda-tanda visual dalam menyampaikan informasi pada sebuah media baca telah banyak dipakai sebagai suatu cara yang lebih efektif, pendekatan tersebut kebanyakan cara dengan menggunakan infografis yakni mengkombinasikan antara text, shape dan image. Ketiga unsur ini bagian penting sebagai akar dalam meramu bahasa visual (visual language).

Dalam bentuk media baca yang representatif dimana sajian statis seolah menjadi sebuah cerita dinamis yang dapat menyempurnakan daya imajinasi bagi pembaca. Di dalamnya terdapat isyarat waktu berjalan, struktur dan proses, sistematika dan konfigurasi kedalaman ruang. Terdapat suatu sistem keterkaitan yang beruntut sebagai pola baku yang dapat mengungkap aransemen visual secara menyeluruh serta terdapat penandaan yang bersifat interpretatif.

Maka pada beberapa media baca yang menggunakan cara sajian infografis yang representatif kecenderungan pembaca diarahkan pada sesuatu yang dapat membaca pemetaan dengan situasi secara menyeluruh dalam bingkai visual yang singkat.

Kata kunci : infografis, Bahasa Visual, Interpretatif


No comments: