Tuesday, April 28, 2009

Gallery Visual I

Dari Diskusi Film Kantata Taqwa | Bandung 2008

De Maulana Anggakarti

Sebuah film musical arahan Yacob Prakosa yang bernafaskan memperjuangkan suatu sikap dan pandangan dari kelompok masyarakat kepada sistem pemerintahan, film gaya lama yang masih punya semangat ditengah situasi banjirnya cerita-cerita remaja yang banyak diminati. Kantata Taqwa lebih pas sebagai sebuah Film Diary dengan cara dan teknik memperlihatkan kepiawaian cara editing setting dari berbagai stock shoot yang telah lama tersimpan yang dikemas dengan cara-cara gaya-gaya se jamannya. 

Boleh jadi semacan independen individualistis yang mengusung sifat heroik sebagai anak bangsa yang mana berperan pada jamannnya. Jika film musikal tersebut disentuh dengan gaya dan penyetingan dengan cara-cara kekinian barangkali ceritanya akan lain. Tetapi ya itulah mereka sebagai bentuk aktualisasi kreator dalam bidang seni film yang cenderung punya cara pandang dan pikiran yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Bagaimanapun juga itulah salah satu karya anak bangsa yang sangat baik telah mampu mewujudkannya, bukan sekumpulan dokumentasi atau hasil temuan yang banyak tersimpan dibalik meja.

Salam buat komunitas film indonesia

No comments: