Thursday, April 30, 2009

Terjebak Jejaring Komunitas

TERJEBAK JEJERING KOMUNITAS

De Maulana Anggakarti

Aktualisasi versus Ekspresi

Fenomena pemanfaatan medium jejaring /web dengan cara bergaul ala komunitas menjadi bagian menarik sampai saat ini menurut beberapa sumber yang dapat dipercaya bahwa komunitas itu dihuni kelompok usia antara 15 - 28 sampai 35 bahkan lebih sedangkan angkanya bisa mencapai diatas 2 sampai 5 juta orang. Barangkali hal tersebut menjadi medium anyar sebagai tempat aktualisasi dan ekspresi dengan cara berbagi yang tak terbatas oleh ruang dan waktu. Pernah saya mendengar percakapan seorang ibu dengan anaknya berkisar usia 13 tahun di suatu Mall di Kota Bandung.  " Sebentar...sayang..., sebentar lagi kamu bisa main internet " kata Ibunya. Terlihat ibunya sedang meng-aktivasi koneksi pada sebuah outlet selular. Saya cuma bisa tersenyum...

Terlepas dari baik buruknya dampak pemanfaatan dari jejaring dengan ala komunitas. Sebetulnya pemanfaatan pada medium itu dapat dikembangkan kepada hal yang paling positif jika melihat dua kata diatas yaitu " Aktualisasi - Ekspresi " . Seseorang atau masyarakat apalagi produsen untuk merek tertentu, media menjadi kebutuhan sebagai sarana komunikasi. Rupanya media ini telah menjadi kebutuhan juga buat individu dalam hal menyampaikan ide dan gagasannya kepada orang lain. Melalui komunitas jejaring yang telah ada dan akan semakin banyak maka menjadi kesempatan bagi seseorang untuk mengkomunikasikan berbagai hal didalamnya.

Media itu dapat dijadikan suatu ajang promosi diri yang bersifat independen, bisa saja mempromosikan tentang talenta dalam bidang tertentu, bisa kemampuan dalam hal jasa maupun penciptaan suatu produk/ barang tertentu atau sekedar punya kemampuan sebagai " rumah konsultasi". Dengan cara free atau dikenakan jasa bayar hal itu sebagai bentuk tindak lanjut setelah mendapat tenggapan dari kedua belah pihak.

Bagi remaja dan dewasa seusianya medium komunitas jejaring menjadi ruang ajang aktualisasi kemampuan diri siapa kita sebenarnya, bagaimana supaya orang lain tahu dan dimana kita punya tempat saluran berekspresi tentang kemapuan itu. Dilain pihak orang lain pun mencari suatu talenta tertentu yang barangkali susah mendapatkan sumbernya. jadi sebetulnya dengan medium itu sudah mulai terbuka kunci informasi antara dua sumber yakni penyedia dan peminat. Ditengah situasi ala jejaring komunitas anggaplah "Free Media" akan menjadi ajang kompetitif ke arah yang amatir atau profesional, maka seseorang akan lebih dinamis dalam menyampaikan talentanya dalam berbagai kemampuan yang selama itu terpendam.

Dalam bentuk ekspresi bagaimana seseorang dapat memperlihatkan aktualisasi dirinya dengan cara mengungkapkan lebih berani dan bebas serta positif, dalam bahasa iklan berani tampil beda. Bentuk ekspresi dapat diterapkan menjadi ungkapan bahasa seperti halnya menggunakan bahasa visual atau verbal, seseorang akan lebih terlihat kemampuannya dari penampilan dengan cara menggunakan salah satu bahasa tersebut. 

Dengan media komunitas jejaring seseorang bisa jauh lebih mandiri dalam menciptakan kesempatan hidup lebih baik, selain menciptakan bentuk sosialisasi, mengungkapkan talenta seseorang dapat juga menciptakan citra diri sebagai bentuk keprofesian. Sebuah produk dalam menggunakan media sebagai promosi akan dikenakan bayaran yang sangat mahal dan selalu dipakai karena media sangat membantu upaya mengangkat citra produk dan penjualannya. Jika media jejaring komunitas itu dapat diperlakukan seperti halnya suatu produk berpromosi dengan cara lebih "soft" berarti kesempatan untuk seseorang dalam memanfaatkan teknologi informasi itu.

Pada umumnya penyedia media jejaring telah membuat slot direktori dimana kita mau berkumpul maka disitulah peluang informasi akan mudah didapat, jika semakin banyak aktivasi atau regristrasi maka sah-sah saja jika seseorang mendapatkan kesempatan yang lebih berkembang. Dengan cara berbagi informasi dapat dijadikan kunci sebagai pintu pembuka mengawali pembicaraan, pada umunya media jejaring telah memberikan dua pilihan "ya atau tidak" maka semakin mudah bagi seseorang untuk mengembangkan tujuannya dalam berbagai hal.

Teknologi jejaring itu akan semakin mudah digunakan level sekolah dasar pun telah banyak memakai, sebagai ilustrasi dulu seseorang sulit membuat web dan "di mahalkan" jasanya, kini tinggal ketik dan aktivasi maka tersedialah tayangan display sebuah web lengkap dengan cara dan petunjuk editing nya, tentu free tapi jangan salah sangka jika anda merasa pas anda bisa bayar premium yang dapat dipergunakan secara komersial dan profesional.

Menjual Diri Sendiri

Menjual diri sendiri bukan maksud arti kata senonoh, barangkali sebutan gampangnya seperti itu bagaimana dapat membangun diri sendiri dan mengembangkannya melalui medium komunitas jejaring, siapa sebetulnya kita diantara komunitas tersebut kemudian punya kebisa atau talenta apa yang dapat dijelaskan kepada komunitas, dimana kita berada selanjutnya apa yang bisa kita lakukan untuk berbagi, apa bedanya dengan yang lainnya barangkali kita lebih spesifik dan punya nilai lebih atau unik dari yang lainnya.

Pada kalimat terakhir sudah memperlihatkan kreatifitas bagi seseorang yang mempunyai talenta yang dapat di ungkapkan dengan cara yang paling mudah, pada level remaja dan dewasa muda yang dominan banyak kreatifitasnya menjadi kesempatan yang sangat berharga dapat disalurkan sebagai bentuk promosi diri. Dapat bersaing dan membuka kesempatan ajang tukar pendapat pada bidang tertentu bahkan sangat luas. Komunikasi dan informasi ini sangat dan saling dibutuhkan bagi yang lainnya mulai dari yang biasa hingga luar biasa atau hal aneh sekalipun. Dimana informasi akan didapat, bagaimana komunikasi dapat dibina, bagaimana potensi talenta seseorang dapat berkembang dan mendapat aktualisasi pengakuan hingga mencapai tingkat profesional dan menguntungkan.

Kesempatan itu dapat diaktualisasikan dengan cara sendiri bagaimana berperan sekaligus sebagai sutradara dan hebatnya bisa berperan sebagai penjual. Dengan cara bertahap medium jejaring gaya komunitas akan membentuk kepribadian mengarah pada perilaku entrepreneur, seperti menciptakan bentuk komunikasi simpatik kepada komunitas dengan berbagai cara kemampuan yang telah disiapkan sebelumnya tentu akan mendapatkan tempat dan atau mendapat perhatian, atau mengungkapkan apa adanya sebagai bentuk low profile tetapi menyimpan potensi yang luar biasa.

Pemanfaatan sekaligus memfungsikan media jejaring komunitas tidak ubahnya seperti company profile pada sebuah perusahaan, bagaimana membuat personality profile yang dapat dipercaya keberadaannya. Orang lain menjadi butuh dan punya kepentingan untuk melakukan komunikasi bahkan transaksi, jadi personality profile itu dapat menjadi potensi media promosi untuk menyampaikan berbagai potensi produk diri. Pada kategori media jejaring lainnya seperti penyedia blog bisa jauh lebih tepat, kerena blog pada prinsipnya adalah personality web yang disediakan dengan free bagi masyarakat luas. Tinggal memilih pada posisi mana yang akan di aktivasikan manjadi keanggotaan.

Lewat media komunitas jejaring tidak terdapat diskriminasi, semua orang bisa masuk selama mengikuti tata atur berkaitan dengan norma pada umumnya. Keunikan yang paing spesifik adalah menemukan teman baru, anggaplah klien baru jika dapat diolah dengan cara dan berbagai pendekatan maka tidak menutup kemungkinan dapat menjadi peluang. Telah banyak dibuktikan dengan cara itu potensial berbagi informasi yang mengarah kepada relasi dan bisnis telah banyak terjadi. Yang paling penting perlu ditekankan adalah siapa anda sebenarnya.

Menyulap Kemudahan Menjadi Keuntungan

Produk bernafaskan teknologi informasi seperti perangkat selular dan komputer pc, laptop atau notebook dari sisi operasional aplikasi kecenderungannya akan semakin murah dan mudah dapat dilakukan oleh seseorang dan ini bisa dijadikan suatu kesempatan cara dan untuk melakukan promosi khususnya promosi aktualisasi diri sekaligus mengekspresikan potensi telenta ke arah profesional, bisa lebih bebas dan mandiri. Mengembangkan jaringan ke berbagai komunitas dan kesempatan yang dapat diraih nilai dan manfaatnya. Pada kurun waktu tertentu perubahan sikap dan cara pandang dengan mengetahui potensi medium ini dapat dijadikan sumber pemberdayaan dan pengembagan diri atau kelompok dengan berbagai potensi informasi yang terdapat didalamnya.

Mudahkanlah orang lain mengetahui potensi diri anda dan sebaliknya, kembangkan dengan cara amatir dan free atau dengan pendekatan profesional dan bayar premium, jika mendapat suatu tanggapan melebihi apa yang diharapkan mulailah kembangkan dengan cara pembentukan komunitas dan atau gandengkan dengan bentuk jajaring lainnya yang dianggap lebih prosfektif, anggaplah seperti kata transformasi yakni bagaimana melakukan pemberdayaan diri dan pengembangan kepada masyarakat.

No comments: