Monday, April 27, 2009

Shortcut Design

Shortcut | Desain Grafis dan Multimedia

De Maulana Anggakarti

Pemberdayaan dan Pengembangan kepada masyarakat dan pelaku usaha

Konsepsi pendidikan singkat dengan waktu satu semester dengan biaya murah dapat menjadi salah satu solusi dan antisifasi dalam mengatasi lonjakan pengangguran selama ini dan kedepan dengan asumsi sebelum pulihnya perekonomian di negeri ini.  Dengan metoda ilmu terapan yang sangat praktis akan sangat berguna untuk pemberdayaan sumber daya manusia didaerah, dengan cara pendekatan penerapan keahlian yang lebih spesifik diharapkan setiap lapangan pekerjaan dapat terisi oleh para ahli yang telah disiapkan sebelumnya.

Seperti pemahaman dan penguasaan terhadap dasar-dasar penggunaan yang berkaitan dengan alat produksi menjadi tahapan yang sangat penting, seperti halnya menggunakan komputer dengan berbagai aplikasi tersedia. Bagaimana program aplikasi dapat mejadi bahan eksplorasi dan modifikasi disertai sentuhan kreatifitas upaya mencapai hasil dan mempunyai nilai lebih yang optimal.

Program singkat bukanlah langkah pengakalan dengan cara instan tetapi bagaimana ilmu terapan dapat dipahami serta dapat dikembangkan untuk menemukan setiap persoalan secara teknis dapat terjawab dengan singkat. Masyarakat semakin banyak tahu dan memahami serta dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sudah berang tentu akan menjadi langkah lebih positif bagi kemajuan masyarakat itu sendiri. Setiap ilmu dapat diterapkan secara pragmatis maka kenapa juga harus bersusah-susah dalam melaksanakannya.

Pemberdayaan masyarakat perlu terus dikembangkan dengan berbagai cara dan penyiraman berbagai keahlian, jadikanlah ilmu terapan sebagai kunci bagi keberhasilan masyarakat. Dengan penggunaan waktu yang cepat jika perlu murah tetapi dapat menjadi pembekalan dan pengembangan bagi setiap pelaku usaha di berbagai bidang.

Penyedia pasilitas dalam implementasi program singkat dapat dilakukan dengan berbagai cara kerjasama yang telah banyak meyimpan nilai investasi terhadap sarana dan perlengkapan yang kita namakan sebagai laboratorium, workshop, balai dan seterusnya. Bagaimana kerjasama dapat dilakukan, jadikan setiap program bisa mendapatkan keuntungan secara terbuka dan kebersamaan, katakanlah bagi masyarakat akan mendapatkan ilmu terapan yang sangat berguna sedangkan bagi  para pelaku usaha tidak lain adalah keuntungan dalam bentuk nilai uang. 

Padukan Pemberdayaan dengan pengembangan usaha tentu akan mendapat hasil kedua belah pihak yang saling menguntungkan, kita akan senang melihat masyarakat sekitar bisa maju bahkan kompetitif hal tersebut akan memberikan ciri-ciri kearah perbaikan dikemudian hari.

Shorcut Desain Grafis dan Multimedia

Konsentrasi pada bidang keahlian desain grafis dan multimedia yang meliputi pada sektor usaha percetakan, penerbitan, digital printing, rumah produksi, animasi dan seterusnya diarahkan pada pemberdayaan dan pengembangan pada sektor usaha berbasis kreatifitas yang kini banyak sebutan dengan istilah industri kreatif.  Keahlian pragmatis akan semakin banyak dibutuhkan sebagai penyangga dalam memproduksi media. Industri kreatif sangat dekat dengan media maka sangatlah wajar jika dekade sekarang media menjadi bagian primadona sebagai lahan bisnis yang belum dapat diukur dengan standarisasi nilai harga dari sebuah produk kreatifitas terkecuali jika media sudah diproduksi menjadi kebutuhan massal.

Program "shortcut" dapat diupayakan menjadi sebuah peluang yang berpotensi banyak meraup keuntungan. Katakan jika dilakukan dengan cara penggabungan antara program shortcut berdampingan dengan pola usaha. Setiap hari dapat memberikan pelayanan yang sangat menjanjikan, hal tersebut perlu konsisten dengan kurun waktu jangka panjang dalam menjalankannya. 

Rumah produksi atau studio sebut saja itu baik dalam bidang usaha visual atau musik, maka telah banyak bermunculan sebagai bentuk perubahan sikap masyarakat yang menginginkan lebih mandiri dan mendapatkan eksistensi dan aktualisasi dalam menjalankan hidup keprofesian. Pelaku dalam sektor itu terus berjuang dengan berbagai cara terobosan yang lebih inovatif agar pasar dapat mereka kuasai. meraka berjuang dengan cara-cara independen dan terbukti !!!

Shortcut Value

Anggaplah pengertian paling mendasar "shortcut value" adalah seperti program kursus, tidak perlu alergi dengan kata itu program tersebut telah  banyak dilakukan dan banyak membantu masyarakat dalam meningkatkan ilmu terapan baik pada level sekolah dasar bahkan perguruan tinggi.

Shortcut Value dengan konsetrasi ilmu terapan desain grafis dan multimedia salah satu potensial nilai ekonomis selain dapat di jadikan program pemberdayaan juga dapat dikembangkan oleh dan untuk masyarakat. Salah satu tujuan program adalah menjembatani para lulusan dengan minat mengembangkan pendidikan kecil bernuansa usaha mandiri. Anggaplah seperti inkubator yang dapat dijalankan secara kebersamaan dari berbagai keahlian personal dalam bidang ilmu terapan desain grafis dan multimedia secara khusus.

Shortcut Value, konsentrasi layanan pemberdayaan pendidikan singkat dan murah dengan cara pemanfaatan kemajuan dan perkembangan teknologi percetakan, aplikasi komputer dan teknologi informasi khususnya pemanfaatan optimasi jejaring/ web. Selain itu Shortcut Value dapat dijadikan bentuk layanan bisnis bagi masyarakat luas dalam penyedia layanan rancang dan produksi media dengan kategori garapan media informasi, media identitas , media promosi dan media kampanye.  

Spesifik Program, terdapat tiga kunci tahapan;
I.   Pemahaman Apikasi/Terapan dan Eksekusi Keterampilan Dasar Terhadap Media
II.  Pendalaman/Eksekusi Media Kebutuhan dan Kreatifitas
III. Entreprenuer Bisnis Media

Setiap konten shortcut berjalan simultan antara pengetahuan terapan terhadap penguasaan media secara aplikatif, dilakukan guide methode upaya mengarahkan terhadap pematangan dan tanggung jawab dalam setiap eksekusi rancang dan produksi media.

Simulasi Shortcut Versus Bisnis 

Pada level/ tahapan dua dilakukan eksekusi rancang dan produksi dalam pembuatan media sesuai kebutuhan masyarakat. Layanan bisnis dapat dilakukan secara simultan dengan "guide methode" dengan sistem pengawasan untuk memenuhi harapan dan menjaga mutu pelayanan terhadap pelanggan


No comments: